is a community school teenagers who are in a foster togetherness in one class. they struggle to found wholeness. and they able to manifest the glory of their school.[...]

they are the personnel of evenexthree who life in one cottage. they share together and solve problems together without any sense of anger. [...]

I really like narcissistic. for me.. narcissistic can express myself. and made ​​me more confident. so do not be surprised if I'm narcissistic .. hehe. [...]

this picture taken by Putra Delta agenda. Putra DElta is the organization of students islamic boarding school from sidoarjo city [...]

Welcome to My Blog Evenexthree in Lath I am in "narsis" YUCHA (yuyun and ICHA)

pendidikan maroko-indonesia


Di zaman serba sulit ini, Indonesia haruslah berani mengubah cara pandang dalam berbagai hal, khususnya dalam bidang politik dan ekonomi. Maka dari itu, indonesia berusaha menjalin hubungan internasional dangan negara manapun. Menaggapi hal tersebut, indonesia mempunyai banyak peluang untuk menjalin hubungan internasional, salah satunya yakni dengan negara maroko. Walaupun letak kedua negara ini tidaklah dekat. Namun, Jarak tidaklah menghalangi hubungan kerja sama antara dua negara ini. Bahkan Maroko sering menyebut Indonesia sebagai "Akh Syaqiq"(Saudara kandung) dikarenakan kedekatan antara kedua Negara tersebut.Karena, bagi maroko, Indonesia adalah negara yang penting bagi Maroko. Dikarenakan tokoh nasionalis indonesia yang ikut mempengaruhi gerakan nasionalisme Maroko sehingga mereka mendapat “kemerdekaan” pada tahun 1956 yakni Sukarno. Untuk memperlihatkan perasaan kagum dan hormat itu, nama Indonesia dan Sukarno diabadikan di Rabat sebagai nama jalan. Bukan hanya Indonesia dan Sukarno, di Rabat juga ada jalan bernama Jakarta dan Bandung. Mangga yang diberikan Sukarno untuk Raja Maroko pun kini masih dikenal masyarakat sebagai Mangga Sukarno. Dan belakangan ini, pemerintah Maroko kabarnya mulai mengembangkan kembali upaya budi daya mangga Sukarno itu.
namun, hubungan kedua negara ini dalam bidang pendidikan masih belum optimal. Padahal, masih banyak potensi di bidang pendidikan yang bisa dikerjasamakan kedua belah pihak.
Yang utama, minimnya tulisan-tulisan para pemikir (ulama) kita yang tidak diterjemahkan dalam bahasa internasional seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab. Ini membuat negara lain, tidak mengenal Indonesia. Tak heran jika orang asing memandang peradaban kita belum kuat," tutur , Dubes Tosari Widjaja saat mengunjungi indonesia lalu dalam seminar internasional Pembangunan Peradaban Islam Indonesia Maroko' di aula Fakultas Kedokteran Unissula.
Karena itulah, kata dia, Unissula ingin mengambil peran menjembatani keterbatasan itu dengan banyak melakukan kerja sama pendidikan dengan pusat peradaban di dunia, termasuk dengan empat universitas di Maroko, yang salah satunya adalah Universitas Sidi Mohammed Ben Abdallah di kota Fez, Maroko.
Dia menambahkan, sudah saatnya kita memperbanyak referensi budaya dalam pengembangan peradaban bangsa. Kita sering menjadikan Mesir dengan Al Azhar-nya sebagai referensi keilmuan. Namun, tak begitu memperhitungkan Maroko sebagai salah satu negara Afrika Utara yang turut memberi sumbangsih bagi peradaban dunia. Makanya, untuk tahap awal, kami memilih bekerja sama dengan Maroko.
 kemauan Unissula menjalin kerja sama  dengan beberapa universitas di Maroko. Ini bisa meningkatkan hubungan diplomasi Indonesia dan Maroko, yang selama ini belum terjalin dengan baik.
Rektor Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) Laode Masihu Kamaluddin menemui Duta Besar Maroko untuk Indonesia Mohamed Majdi. Kedatangan Laode dimaksudkan membuka kerja sama dalam bidang pendidikan antara Unissula dengan pemerintah Maroko.

Sehingga dalam bidang pendidikanpun, dapat digunakan untuk mempererat hubungan masyarakat kedua negara. Contoh nyatanya adalah masyarakat Indonesia mengenal dengan baik Mesir karena banyak warga Indonesia yang belajar di Mesir, terutama di Universitas Al-Azhar. Meskipun masih kecil, jumlah pelajar Indonesia yang belajar di Maroko masih bisa ditingkatkan. Indonesia dan Maroko sendiri memiliki beberapa persamaan terutama di bidang agama dan sosial politik. Persamaan di bidang agama adalah keduanya merupakan negara dengan mayoritas penduduk Islam Sunni. Hubungan agama antara Indonesia dan Maroko sebenarnya sudah terjalin semenjak kedatangan Ibnu Batutah ke Indonesia, jauh sebelum Christopher Columbus. Sementara persamaan dibidang sosial politik adalah, keduanya merupakan negara Islam demokrasi yang bersifat moderat. Masyarakat kedua negara juga sedang bergerak menuju modernisasi. Pelajar Maroko sendiri juga memiliki kesempatan yang cukup bagus untuk belajar di Indonesia, terutama mengenai demokrasi dan penanganan konflik. Keinginan Maroko untuk belajar demokrasi di Indonesia telah disampaikan oleh wakil menteri luar negari Maroko Latifa Akherbach dalam resepsi acara 50 tahun hubungan Indonesia-Maroko.
Factor-faktor pendukung diatas dapat dijadikan sebagai kesempatan bagi Indonesia-Maroko untuk mempererat hubungan ekonomi kedua negara. Apabila hubungan ekonomi sudah kuat, maka hubungan sosial juga akan menguat karena telah mengenal satu sama lain. Hubungan root yang telah kuat ini dapat dilanjutkan dengan lebih mudah oleh pemerintah untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.
Seperti dikutip dari situs Unissula, dalam pertemuannya dengan Dubes Maroko, Laode memaparkan rincian rencana kunjungannya ke Maroko dalam waktu dekat untuk menjalin kerja sama dengan universitas terkemuka di sana, yakni universitas Al-Akhawayn. Sehingga Duta Besar RI (KBRI) di Maroko H Tosari Widjaja mengunjungi Rektor Universitas Al-Akhawayn di Provinsi Meknes sekitar 250 km dari Rabat dalam rangka perluasan kerja sama bidang pendidikan antara Indonesia dan Maroko. Universitas Al-Akhawayn merupakan perguruan tinggi lokal di Maroko dengan pengantar bahasa Inggris dan mengadopsi sistem pendidikan Amerika Serikat, ujar Sekretaris III/Pelaksana Fungsi Pensosbud, Rahmat Azhari.
Perguruan Tinggi yang dibangun pada 1993 atas kerja sama Raja Hassan II dan Raja Fahd dari Arab Saudi itu beroperasi mulai Januari 1995. Di sana terdapat 1.500 mahasiswa, termasuk sekitar 200 mahasiswa asing dari 28 negara seperti Eropa, AS dan Timur Tengah.
Dalam kunjungannya, Dubes Tosari Widjaja meresmikan pembukaan Pameran dan Bursa Kerja (Job Fair) 2010 bersama Gubernur Ifrane, Karim Lahlou Kassi. Dubes Tosari Widjaja dan Rektor Dr Driss Ouaouicha membahas kerja sama pendidikan dan juga kemungkinan sister universities antara Universitas Al-Akhawayn dengan salah satu institusi pendidikan tinggi Indonesia.
 Selain Al Akhwayn ada tiga universitas lain yaitu Moulay Ismail University, Sidi Muhamed ben Abdallah University, dan Cadi Ayyed University.

Kerja sama dengan keempat universitas tersebut akan lebih dititikberatkan pada pertukaran mahasiswa maupun dosen, penelitian bersama, pengembangan dual program, pengembangan kurikulum dan laboratorium serta berbagai program pengembangan peradaban budaya Islam kontemporer.

Majdi menyatakan, setiap tahun Maroko menyediakan kuota sebanyak 15 beasiswa untuk Indonesia. Laode berencana mengambil lima beasiswa untuk mahasiswa Unissula didasarkan pada kesiapan dan mutu calon mahasiswa yang akan dikirim.

Program ini menjadi salah satu hal penting bagi Unissula, karena salah satu indikasi universias besar adalah adanya kerjasama pendidikan baik dalam bentuk student exchange (pertukaran mahasiswa), join riset (penelitian bersama), dan lain sebagainya

Dengan kerja sama ini, Unissula yang memiliki sebelas fakultas unggulan telah membuka jalan bagi para alumninya yang tertarik meneruskan pendidikannya di negeri Casablanca tersebut.

Sementara, Staf Khusus Bidang Peradaban Islam Ahmad Mujib menyatakan, kerja sama Unissula dengan Maroko bukan terbatas untuk kepentingan Unissula saja, tetapi membawa misi Indonesia.
Sehinga  dengan ini, indonesia dapat membangkitkan jaman keemasan kualitas generasi muda yang baik dengan memperbaiki pendidikan mereka. Karena dengan pedidikan, generasi muda akan melakukan aktiviasnya dengan baik dan benar. Sehingga indonesia akan lebih terkemuka dalam bdang politik maupun ekonomi dengan generasi mudanya.

refrensi:
http://resaved.blogspot.com/2011/05/ri-maroko-kerjasama-yang-sangat.html  



Share this post:

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

0 komentar:

Posting Komentar

twitter

Read more: http://www.idsena.web.id/2011/02/tutorial-cara-membuat-widget-icon.html#ixzz1ONOLcS00

muslimah


wibiya widget

cursor

cakapp_cakepp


Anda berminat buat Buku Tamu seperti ini?
Klik di sini